Thursday, November 29, 2012

Definisi Database

Database merupakan sekumpulan data atau informasi yang telah diintegrasikan sedemikian rupa lalu disimpan dikomputer (terkomputerisasi) sehingga apabila data atau informasi tersebut ingin diubah, serta ingin diperbaharui dapat kita akses dengan cepat, mudah, serta efisien. Untuk mempermudah anda memahami Definisi Database, maka saya analogikan database tersebut sebagai Perpustakaan, dimana suatu perpustakaan sudah pasti menyimpan puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan buku. ribuan buku tersebut kita umpamakan sebagai ribuan data.
Maka apabila kita ingin mencari suatu buku sudah pasti kita harus mencari buku tersebut dengan cara memeriksa ribuan buku yang ada satu persatu, sudah dapat anda bayangkan waktu yang diperlukan hanya untuk mencari buku tersebut, begitu pun halnya dengan data, untuk mencari suatu data, kita harus memeriksanya satu persatu dari ribuan data yang ada.
Maka untuk mempermudah pencariannya kita dapat mengimplementasikan metode sebagai berikut:

  1. Mengklasifikasikan buku-buku tersebut menurut BIDANG PENDIDIKAN, 
  2. Mengklasifikasikan buku-buku tersebut menurut PENERBIT, 
  3. Mengklasifikasikan buku-buku tersebut menurut PENULIS, 
  4. Mengklasifikasikan buku-buku tersebut menurut TAHUN CETAK. 
Dengan ke-4 metode diatas kita dapat mengkrucutkan/mempersempit pencarian, secara otomatis waktu yang dibutuhkan pun akan lebih cepat.
Pada ilmu pemrograman, Database memegang peranan penting, sebab ia dapat membuat proses penyimpanan dan pengambilan informasi menjadi lebih cepat dan efisien. Apabila suatu saat anda akan membuat sebuah Game dengan menggunakan Delphi, maka data-data pengguna atau pemain Game tersebut dapat di simpan di database, data-data tersebut dapat anda gunakan untuk menampilkan data pemain dengan skor paling tinggi.
DATABASE adalah Data digital yang disimpan di komputer
Mudah-mudahan semua yang saya uraikan diatas dapat anda mengerti, mengingat saya pun sedang belajar mengenai Database, Saya mohon partisifasi anda dalam bentuk komentar apabila sekiranya terdapat kekeliruan dalam tulisan ini.
Terima kasih

No comments: