Thursday, July 19, 2012

Cara instalasi XAMPP sebagai dasar belajar PHP

Pada umumnya bagi para pemula sering mendapat kesulitan untuk meninstalasi Apache, PHP dan MySQL, Terutama bagi pemula yang baru belajar pemrograman web dengan PHP, Itu disebabkan karena software-software tersebut harus diinstall dan dikonfigurasikan satu per satu.

Bagi yang belum mengerti benar, tentu sering mengalami kesulitan, apalagi bagi kita yang belajar secara autodidac. Tetapi saya harap anda tidak lantas menyerah, sebab saat ini telah tersedia ketiga software tersebut (Apache, PHP dan MySQL) telah dikompilasi ke dalam satu installer. Proses instalasinya pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, Anda hanya perlu mengklik next, next, and finish.

Beberapa aplikasi tersebut diantaranya:
    1. XAMPP (versi Windows) dan LAMPP (versi Linux) yang dapat Anda didownload disini,
    2. WAMP Server,
    3. APPServ,
    4. PHPTriad.


Untuk kali ini saya merekomendasikan anda untuk menggunakan XAMPP atau WAMP Server sebab versi software ini adalah versi yang terbaru.

Persiapan Instalasi


  • Pastikan komputer Anda belum terinstall web server lain seperti IIS atau PWS karena dapat menyebabkan bentrok dengan web server Apache. Tetapi apabila Anda ingin tetap mempertahankan program tersebut, setelah instalasi selesai Anda dapat mengkonfigurasikan Apache secara manual dengan mengganti nomor port yang digunakan.


  • Download Source XAMPP versi stabil terbaru di http://apachefriends.org. Pilih versi sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan (tersedia versi untuk Windows, Linux dan Mac.



  • Pastikan komputer yang Anda gunakan berjalan dengan baik dengan kapasitas memori dan hardisk yang masih mencukupi.


  • Memulai Proses Instalasi XAMPP
    1. Dobel klik XAMPP xampp-win32-x.x.x-installer.exe. yang tadi anda download.



    2. Maka selanjutnya Akan ditampilkan window instalasi XAMPP. Lalu anda klik Next > untuk memulai proses instalasi.



    3.Selanjutnya windows akan menuntun anda untuk menenukaan Folder (Destination folder) yaitu menentukan dimana XAMPP akan anda instal bila anda ingin menentukannya klik browser, lalu tentukan Foldernya , selanjutnya klik > next untuk melanjutkan Proses instalasi



    4 . Jika Proses instalasi telah selesai maka windows akan menampilkan seperti gambar di bawah ini :



    5. Apabila proses instalasi rampung dengan baik dan tak ada kendala maka windows akan menampilkan halaman konfirmasi sebagai berikut:



    6 . Proses selamjutnya adalah memastikan XAMPP berfungsi dengan baik, caranya dengan mengakses XAMPP control panel melalui menu Program File atau Icon pada taksbar



    7 . untuk mengetahui XAMPP yang anda instal berfungsi dengan optimal maka, menggunakan browser seperti Mozilla, atau google crhome silakan anda ketik url (tanpa tanda petik) "http//localhost".windows akan menampiklan seperti di bawah ini:


    No comments: